Activity

PROGRAM PERCEPATAN MASTER “FAST TRACK” MAGISTER PERENCANAAN KOTA DAN DAERAH (MPKD) UGM SEBAGAI TUNTUNAN DAN TUNTUTAN MENCARI ILMU

            Dalam kerangka perencanaan mengembangkan dan memilih alternatif/pilihan merupakan suatu keharusan dalam rangka pengambilan keputusan yang tepat. Semakin banyak alternatif maka semakin kaya akan alternatif pengambilan keputusan terbaik. Keputusan terbaik tentu memiliki suatu proses pertimbangan. Seperti halnya yang diungkapkan oleh Djunaedi (2010) bahwa perumusan (alternatif) rencana, pada dasarnya, merupakan perumusan pilihan kondisi masa depan yang optimum (atau mendekati optimum) dipandang dari tujuan dan sasaran perencanaan. Makadari itu, semua alternatif rencana, mengacu pada  kriteria kinerja yang diangkat dari rumusan tujuan dan sasaran perencanaan. Alternatif rencana atau pilihan kondisi ke masa depan dilakukan dengan format yang disebut sebagai “trajektori” (trajectory), yaitu sekuen atau urutan perkembangan kondisi sistem ke masa depan.

            Adapun tujuan dan sasaran mengikuti progam percepatan master di Magister Perencanaan Kota dan Daerah adalah untuk meningkatkan kualitas keilmuan penulis secara kesinambungan dan menerus. Hal ini dikarenakan penulis selama empat tahun di program sarjana bergelut dalam keilmuan perencanaan wilayah dan kota. Dengan harapan, ilmu yang telah didapatkan nantinya dapat diterapkan untuk kemaslahatan masyarakat dalam lingkup perencanaan dan pengembangan wilayah dan kota di Indonesia.

            Program percepatan master (fast track) merupakan program percepatan menempuh pendidikan yang dikombinasikan dengan program akselerasi di jenjang pendidikan Sarjana (S1) seperti Honours Program di ITB, Transfer Kredit di UGM dan lain sebagainya. Pada saat ini, penulis sedang menempuh pendidikan di S1 yakni semester delapan sedangkan di program master yakni semester dua. Selain itu, penulis merasa senang dapat mengikuti program ini dikarenakan dapat menghemat waktu dalam menempuh pendidikan tinggi yang selama lima tahun nantinya dapat sekaligus mendapatkan jenjang Sarjana (S1) dan Master (S2).

            Rencana studi program percepatan master di Magister Perencanaan Kota dan Daerah yang akan dilakukan penulis selama dua tahun ke depan yaitu di tahun 2012 hingga 2014. Selama dua tahun tersebut, penulis akan menyelesaikan dengan sungguh-sungguh sehingga dapat lulus dengan tepat waktu. Saat ini, penulis sedang menyelesaikan semester ke dua dengan jumlah komulatif Sistem Kredit Semester (SKS) sebanyak 16 SKS.  Sementara itu, di tahun ke tiga nanti jumlah Sistem Kredit Semester (SKS) yang akan diambil 10 SKS dan di tahun ke empat berencana untuk mengambil Thesis yang jumlah Sistem Kredit Semester (SKS) nya  sebanyak 10 SKS. Jadi, jumlah keseluruhan SKS selama dua tahun dalam mengikuti  program percepatan master di Magister Perencanaan Kota dan Daerah adalah sebanyak 36 SKS.

            Dengan demikian, cita-cita besar penulis setelah lulus mengikuti program percepatan master (fast track), Penulis dapat memberikan kontribusi untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan bangsa Indonesia sesuai bidang keilmuan penulis dengan menitikberatkan pada konteks bidang keilmuan “Perencanaan Kota dan Daerah” yang menjadi konsentrasi bidang keahlian yang telah diambil.  Selain itu, setelah mengikuti program fast track penulis memiliki cita-cita besar dengan tujuan untuk meningkatkan keilmuan yang lebih spesifik yaitu penulis bercita-cita  untuk melanjutkan studi lanjut ke jenjang Doktoral (S3).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s