SEGUDANG PRESTASI LUMBUNG PANGAN BAROKAH 08 KUBANG BUNGUR, DESA NEGLA, KECAMATAN LOSARI, KABUPATEN BREBES, JAWA TENGAH

Lumbung Pangan Barokah 08 merupakan salah satu lumbung yang memiliki segudang prestasi mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat provinsi. Beberapa prestasi dan penghargaan yang pernah diraih diantaranya: 1). Juara 1 tingkat kecamatan sebagai lumbung pangan terbaik tahun 2009, 2). Juara 1 tingkat Kabupaten sebagai lumbung pangan terbaik tahun 2010, 3). Juara 3 Adhikarya Pangan Nusantara Jawa Tengah tahun 2012. Berikut ini beberapa piagam penghargaan yang pernah diraih sebagai berikut:

Aktivitas Warga 1

Gambar 1. Beberapa Sertifikat Penghargaan

Sumber: Dokumentasi Pengelola Lumbung

Lumbung ini terletak di Pedukuhan Kubang Bungur, Desa Negla, Kecamatan Losari Kabupaten Brebes. Sejarah terbentuknya lumbung ini diawali dari kegelisahan masyarakat 30 tahun lalu akibat mahalnya padi di saat musim paceklik. Dulu lumbung ini hanya terdiri dari 4 orang pengelola dan bangunan terbuat dari bilik bambu. Seiring berjalan waktu dibangunlah gudang bangunan untuk menyimpan hasil padi masyarakat dari hasil iuran swadaya. Namun saat ini, gedung sudah tua dan membutuhkan renovasi dan revitalisasi.

Tampak Depan Lumbung

Gambar 2. Kondisi Lumbung Barokah 08

Tiap tahun isi lumbung mengalami peningkatan positif, hingga tahun 2015 isi lumbung mencapai kurang lebih 500 kwintal dari 540 Kepala Keluarga yang ada di Pedukuhan Kubang Bungur Negla Losari Brebes. Kedepan masyarakat memiliki rencana tidak hanya satu komoditas padi yang disimpan namun ketan juga akan dibuat komoditas simpanan yang nantinya direncanakan akan dikerjasamakan dengan desa lain pembuat tape ketan nasional, sehingga diharapkan lumbung barokah 08 dapat menjadi sentra bahan baku produksi padi dan ketan.

Aktivitas Warga

Gambar 2. Aktivitas Warga Saat di Lumbung (Musim Panen Padi)

Hiruk pikuk gotong royong masyarakat yang kuat memberi warna cerah di pedukuhan ini. Budaya gotong royong saling membantu diantara sesama dan iuran swadaya berupa jimpitan memberi harapan besar terus berdiri kokoh lumbung pangan di desa ini sebagai bagian ketahananan pangan masyarakat. Ditambah lagi, kelembagaan lumbung yang kuat dan manajemen administrasi yang rapi walaupun dengan segala keterbatasan fasilitas.

Foto Diskusi Pengurus

Gambar 4. Tim Pengelola Lumbung Barokah 08

Optimisme mewujudkan desa mandiri pangan di Pedukuhan Kubang Bungur, Desa Negla, Losari Brebes perlu direflikasi oleh desa lain. Harapan besar lumbung pangan menjadi roda penggerak kemandirian ekonomi masyarakat akan segera terwujud. Oleh karena itu, tentu dibutuhkan banyak dukungan dari berbagai pihak khusunya dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa. Dengan demikian, segudang prestasi lumbung pangan Barokah 08 memberi kilauan mengkilat yang patut dicontoh desa lain. Kunci kuatnya adalah gotong royong masyarkat melalui iuran (jimpitan) yang memberi keunikan khas ditambah lagi manajemen kelembagaan dan administrasi yang rapi sebagai penopangnya.

 

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s