Pemetaan Pemangku Kepentingan (Stakeholders Mapping)

           Oleh: Zeji Mandala_Master in Urban and Regional Planning_Universitas Gadjah Mada_2014

          Definisi Pemangku Kepentingan (stakeholders) menurut Freeman  (1983) terbagi ke dalam dua definisi yaitu:

  1. Definisi sempit

Kelompok dan individu kepada siapa sebuah organisasi bergantung  untuk mempertahankan keberadaannya.

  1. Definisi luas

Kelompok dan individu yang dapat mempengaruhi dan atau dipengaruhi oleh pencapaian tujuan dari sebuah organisasi.

      Dari dua definisi di atas, menurut Freeman (1983) terdapat prinsip-prinsip pemangku kepentingan diantaranya:

        1. Principle of corporate legitimacy. The corporation should be managed for the benefit of its stakeholderss   .
        2. The stakeholders Fiduciary principle. It must act in the interests of the stakeholderss    as their agent, and it must act in the interests of the corporation to ensure the survival of the firm, safeguarding the long-term stakes of each group.

Makna:

  1. Prinsip legitimasi/keabsahan perusahaan. Korporasi harus dikelola untuk kepentingan stakeholders.
  2. Para pemangku kepentingan harus bertindak dalam kepentingan stakeholders    yang saling bekerjasama dalam kepentingan korporasi untuk menjamin kelangsungan hidup perusahaan, menjaga kelangsungan organisasi jangka panjang dari masing-masing kelompok.

             Dengan demikian, pemangku kepentingan (stakeholderss) adalah kelompok individu yang dapat mempengaruhi  dan dipengaruhi dalam pencapaian tujuan perencanaan dalam proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh masyarakat, pemerintah dan swasta sesuai dengan kepentingannya.

           Sebagai contoh adapun  pemetaan kepentingan (stakeholderss mapping) pembangunan Kawasan SAGAN SEGAN dari hasil penelitian penulis terbagi ke dalam 4 kelompok stakeholders diantaranya: (1) Kelompok yang memiliki kepentingan dan kekuatan pengaruhnya tinggi, (2) Kelompok yang kepentingannya tinggi dan kekuatan  pengaruhnya rendah, (3) Kelompok yang kepentingan rendah tetapi kekuatan pengaruhnya tinggi, dan (4) Kelompok yang kepentingan dan kekuatan pengaruhnya rendah. Berikut ini tabel matriks 4 kelompok besar stakeholderss yaitu:

Stakeholder

            Melihat tabel matriks di atas, pemetaan stakeholders yang memiliki kepentingan dalam pengembangan dan pembangunan kawasan Jalan Yohanes adalah pihak pemerintah, pihak swasta dan pihak masyarakat. Pemerintah sebagai stakeholders sekundermemiliki peran sebagai kelompok yang bermanfaat untuk merumuskan atau menjembatani keputusan dan opini serta kelompok stakeholders yang paling kritis. Kelompok pemerintah yang dimaksud adalah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pajak, Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Perusahan Listrik Negara (PLN), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Badan Pertanahan Nasional (BPN), Dinas Tata Kota dan Kalangan Akademisi. Disamping itu, swasta sebagai stakeholders primer memiliki peran sebagai kelompok stakeholders yang penting namun perlu pemberdayaan. Stakeholders swasta ini sangat berperan dalam pembangunan yakni sebagai kontraktor dalam mengerjakan proyek, memberikan pinjaman, pelaku usaha dan mengurus perizinan. Selain itu, masyarakat berperan sebagai pengunjung dan masyarakat domisili yang menetap di kawasan Jalan Yohanes seperti pemilik Lahan/Rumah/Bangunan, Ketua RT dan Ketua RW, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan pengelola.

DAFTAR PUSTAKA

Friedmann, John (1983). Planning in the Public Domain: From Knowledge to Action, New Jersey : Princeton University Press.

Mandala Zeji, dkk. (2013). Urban Renewal Kawasan Prof Yohanes “Sagan Segan” Kota Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

 

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s