Ingin Tahu 7 STRATEGI MASUK UGM, Apa Aja Sih?

Oleh: Zeji Mandala_Master in Urban and Regional Planning_Universitas Gadjah Mada_2014

Gambar Strtagei Masuk UGM

Strategi 1: Pilih prodi yang diminati. Prodi yang diminati untuk dipilih sebaiknya mempertimbangkan beberapa faktor yaitu minat dan kemampuan, kuota, biaya, akreditasi dan prospek kerja. (1) Minat dan kemampuan tergantung dari si pelamar, (2) Kuota dijadikan untuk memperkirakan persentasi persaingan kemungkinan diterima (lihat di bawah), (3) Biaya yang dikeluarkan masing-masing prodi berbeda-beda berdasarkan sistem Uang Kuliah Terpadu (lihat), (4) Akreditasi program studi di UGM bervariasi ada yang A dan ada pula yang B (lihat), dan (5) Prospek kerja menjadi pertimbangan penting karena sebagai pilihan pekerjaan apa dan dimana kita akan kerja setelah menyelesaikan studi di UGM (lihat).

NB: Kuota Persaingan Masuk UGM Kuota UGM

Sumber: dilansir fauzi, 2014.

Strategi 2: Melakukan pendaftaran dan memilih jalur seleksi. Pendaftaran bisa dilakukan Kolektif dari sekolah dan bisa juga tidak kolektif alias siswa sendiri yang mengajukan. Selanjutnya, pilih jenis jalur masuk UGM yaitu (1) Jalur bersama seperti SBMPTN dan SNMPTN atau (2) Jalur Mandiri biasanya dengan seleksi nilai raport dan ujian tulis. Seleksi mandiri ada 5 jalur yaitu Penelusuran Bibit Unggul (PBU) Berprestasi, PBU Berprestasi Tidak mampu, PBU Daerah, PBU Swadaya, PB Olahraga dan Seni. Selengkapnya bisa dilihat di sini: um.ugm ac.id.

Strategi 3: Persiapkan tes seleksi yang akan dilakukan. Seleksi yang dilakukan UGM biasanya berupa seleksi administrasi dan seleksi tertulis. (1) Seleksi administrasi berupa nilai rapor semester 1-7, portofolio sertifikat organisasi/seminar, piagam penghargaan dan nilai Ujian Akhir Nasional. Seleksi administrasi ini biasanya dilakukan secara online di website yang telah ditentukan dan mengirimkan pemberkasan asli malalui pos ataupun diantar langsung ke Direktorat Administrasi Akademik (DAA) UGM (lihat DAA). Berkas dokumen yang disampaikan sesuaikan dengan syarat dan prosedur yang diminta. Jika ada format yang dicontohkan ikutilah dengan tertib. Misal: siswa harus membuat surat pengantar dari kepala sekolah dan surat pernyataan yang dibubuhkan stempel sekolah mestinya harus dipenuhi dengan dibubuhkan stempel asli. Jangan lupa juga, buat berkas dokumen sesuai yang diminta dan kemas semenarik mungkin. Misalnya: kemas berkas dengan memakai stofmap sesuai persyaratan, beri identitas pelamar dengan diketik dan ditempel dengan rapi, bila perlu buat ceklis dokumen yang mau disampaikan sehingga bisa menarik para reviewer seleksi. (2) Seleksi tertulis biasanya  berupa Tes Potensi Akademik (TPA), Tes kemampuan bahasa inggris (Toefl) dan Tes Kemampuan Dasar (TKD). Berikut beberapa contoh soal  yang bisa jadi acuan. (Lihat Contoh TPA)

Strategi 4: Pakaian, Akomodasi dan Transportasi. Pada saat menyampaikan berkas atau tes seleksi tertulis, seragam pakaian yang dikenakan rapi, sopan dan tidak harus memakai seragam sekolah. Selain itu,  sebelum tes tertulis sebaiknya survey lokasi tes dan nomor tempat duduk satu hari sebelumnya supaya bisa tatap tenang saat mau tes berlangsung. Selanjutnya, tansportasi dan akomodasi juga penting buat dipersiapkan. Transportasi yang digunakan lebih nyaman memakai Kereta  Api (jawa) tetapi harus jauh-jauh hari minimal 1 bulan buat pesan tiketnya soalnya keburu habis. Begitupun dengan akomodasi/penginapan bisa nebeng di kaka kelas atau saudara dekat yang kuliah di UGM lebih murah dan tahu lokasi kampus.

Strategi 5: Gak ada biaya cari beasiswa, Buuaanyak Sekali Beasiswa Looo… Cari beasiswa yang bisa menunjang biaya akademik dan biaya hidup. Biasanya mempersyaratkan surat keterangan penerimaan di universitas tujuan. Jika sudah dinyatakan diterima di UGM biasanya surat keterangan lulus seleksi dapat diminta di Direktorat Administrasi Akademik (DAA) UGM. Beberapa beasiswa yang bisa dijadikan alternatif adalah Beasiswa Unggulan yang diadakan oleh BPKLN Kemendikbud  (Lihat), Bidik Misi yang diadakan oleh DIKTI KEMENDIKBUD (Lihat) atau beasiswa yang diadakan di kampus yang biasanya dikoordinir DIRMAWA UGM. (Lihat).

Strategi 6: Ketahui juga organisasi atau unit kerja mahasiswa (UKM) yang ada di UGM. Selain sudah memperiapkan berkas dan seleksi tentu kita menginginkan hobi atau miat kita tersalurkan salah satunya mengetahui organisasi dan UKM yang ada di UGM. Dengan mengetahui UKM yang ada maka minat dan bakat non akademik kita dapat tersalurkan. Misalnya: BEM universitas dan fakultas, Himpunan mahasiswa jurusan dan UKM (Pencak silat, badminton, unit kesehatan, MAPALA, PRAMUKA, KARATE dsb) serta komunitas yang aktif di UGM. Harapannya jiwa kepemimpinan dan bakat kita juga tersalurkan dengan bak. (Lihat UKM)

Strategi 7: Cari alternatif PTN/Univ lain yang sesuai minat dan bakat  baik swasta maupun negeri. Strategi ini sebagai persiapan ketika tidak lolos seleksi di UGM. Beberapa universitas/PTN terbaik di Indonesia selain UGM bisa dilihat di sini versi Badan Akreditas Nasional (BAN).

Akreditasi univ indonesia

Sumber: BAN, 2013

Terus kita harus ngapain setelah membaca artikel ini? Segera eksekusi jangan menunggu nanti atau entar. Bisa dimulai dari ngumpulin berkas-berkas dari persyaratan yang dibutuhkan contohnya legalisir nilai rapor, fotokopi seritifikat/piagam, scan kartu pelajar dan sebagainya. Selain itu, latihan soal-soal TPA, TKD dan TOEFL untuk ngisi waktu luang pasca UAN. Terus, jika ada yang kurang jelas tentang apapun itu, bisa menanyakan ke kaka kelas yang kuliah di UGM atau ke DAA UGM.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

28 Balasan ke Ingin Tahu 7 STRATEGI MASUK UGM, Apa Aja Sih?

  1. krisna berkata:

    saya pengen bnget masuk UGM,tp saya takut kalau gabisa masuk ke UGM.tp saya akan berusaha semaksimal mungkin biar dapat masuk ke UGM.amin

  2. Satria berkata:

    saya pengen masuk ugm, tpi saya dari keluarga biasa…
    untuk biaya persemester nya itu berapa?

    • zejimandala berkata:

      Mas Satria:
      1. Masing-masing program studi beda-beda biaya per semesternya. Bisa di lihat di strategi 1 poin 3: Biaya kuliah dalam UKT “Uang Kuliah Tunggal” di Klik saja (lihat).
      2. Atau coba daftar beasiswa bidik misi saja mas. Lihat di strategi 5.

      Terimakasih🙂

  3. Dewi Rista Sari berkata:

    Ka, kalo kita mau masuk ugm tapi umur udah sekitar 24 tahun.. nah itu kira – kira masih bisa ga masuk ke UGM?? Syaratnya apa saja ya?? Tolong info nya makasih 😊😊

  4. Delvia Istiana berkata:

    saya mempunyai prestasi lcc ppkn lha seadainya saya memasukan sertifikat itu di snmptn tetapi saya tidak memilih jurusan hukum apakah boleh? katanya bisa mengurangi nilai. makasih

    • zejimandala berkata:

      Mba Delvi,
      Menurut sy boleh dan tidak mengurangi nilai, karena itu bagian dari prestasi dan keaktifan di sekolah. Klw pertimbangan pilihan jurusan/prodi biasanya dari minat dan kuota yang tersedia dari tiap jurusan/prodi.
      Semoga bermanfaat
      Termakasih.

  5. Lala berkata:

    Ka, saya Lala kemarin baru naik kelas 12. Saya pengen banget masuk UGM, tapi kata semua orang terlalu sulit. Maka dari itu saya ingin mempersiapkan segala sesuatunya dari sekarang. Menurut kakak, hal apa saja yang bisa saya persiapkan dr skarang?

    • zejimandala berkata:

      Mba lala, coba selalu latian soal-soal SNMPTN, Soal test potensi akademik dan Klw bisa kursus Bahasa Inggris TOEFL. Biasanya UGM ada tes Bahasa inggrisnya berupa TOEFL.
      Oh ya jangan lupa berdoa memohon sama ALLAH untuk selalu dimudahkan…🙂

  6. diki zakaria berkata:

    kalo pilih prodi yg tidak sesuai jurusan besar kemungkinan gagal? apa benar?
    saya memilih ilmu komunikasi dan sejarah islam dan saya dari jurusan ipa.

  7. Bagus dwi cahya berkata:

    Kak saya mau tanya, misal saya pengen teknik geologi ugm tpi nggak ada alumni sekolah saya dijurusan itu tpi ada nya dijurusan mesin misal. La waya punya memungkinan nggak sih masuk jurusan yang saya pengen kak?

  8. Euniqke sela cita berkata:

    malam kak,saya euniqke mau bertanya event/kegiatan apakah yang menjadi rutinitas UGM yang mengundang banyak peserta terutama SMA? dan apakah tips tips yang bisa di dapat para siswa agar dapat diterima di UGM?
    terima kasih

  9. Vina ayu lestari berkata:

    saya siswi SMA NEGERI 1 GLENMORE. jauh di jawa timur banyuwangi, saya pengen banget masuk UGM . tapi saya takut tidak masuk, selain nilai yang pas2an saya orang jauh . saya cuma punya tekat aja . gimana ya kak

  10. umar faruq berkata:

    sore kak, saya memang baru kelas 1 smk di kota Balikpapan tapi saya sangat berkeinginan untuk menjadi seorang mahasiswa di UGM. menurut kaka apa saja yg harus saya persiapkan mulai sekarang? soalnya saya belum pernah mendapat ranking 1 di kelas apakah bisa kak?
    terima kasih kak

  11. umar faruq berkata:

    sore kak, saya memang baru kelas 1 smk di kota Balikpapan tapi saya sangat berkeinginan untuk menjadi seorang mahasiswa di UGM. menurut kaka apa saja yg harus saya persiapkan mulai sekarang? soalnya saya belum pernah mendapat ranking 1 di kelas apakah bisa kak?

  12. BAYU WIJAKSONO berkata:

    KA saya dari SMK di jakarta tapi pengen banget masuk UNIVERSITAS UGM , tapi sampai sekarang kayanya kurang PD ka , pngn banget masuk ILMU HUKUM kalau ngga Manajemen

  13. Wilda Alfionita berkata:

    misi ka mau tanya, aku kan lulusan thn ini, tpi nnti aku mau coba masuk UGM thn depn nah itu bisa gk ? klo bisa persyaratannya apa aja, makasih ka

  14. niken berkata:

    siang kak,aku niken mau tanya apa siswa yang tidak mampu bisa masuk ugm kak?kemudian apakah siswa yang tidak memilki piagam tingkat provinsi atau nasional tapi selalu juara umum disekolahan bisa masuk ugm kak.kemudian bagaimana sih kak tipsnya biar masuk ugm meskipun dari keluarga yang kurang mampu,sekian kak terimakasih.

    • zejimandala berkata:

      Pasti Bisa yang penting mau bulat dulu buat kuliah. Bagi siswa yg punya prestasi baik di sekolah maupun yg lainnya, klw tidak salah ada beasiswa bidik misi diperuntukan bagi calon mahasisawa yg kurang mampu scr finansial. Search di web kemendikbud.go.id. kluenya: beasiswa bidik misi. Tipsnya ya niat bulat untk kuliah, belajar ulet&rajin, dan persiapkan bahasa inhgris sejak skrg. Pasti ada jalan yg terbaik. Semoga bermanfaat dhe. Keep spirit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s