Seminar Pendidikan Karakter Pelajar SMA se-Kab Tegal di SMA Negeri 1 Pagerbarang

           Seminar dengan Tema “Meraih Mimpi dan Masa Depan Gemilang Dengan Santun, Bijak dan Excellent” ini diselenggarakan oleh Keluarga Alumni SMA N 1 Pagerbarang bekerjasama dengan civitas akademik SMA dan OSIS SMA N 1 Pagerbarang. Seminar ini dilaksanakan pada Sabtu, 1 Pebruari 2014 di Gedung Serba Guna SMA N 1 Pagerbarang dihadiri oleh Kabag Pemerintahan yang mewakili Bupati Tegal yaitu Bapak Fakihurrokhim S.Sos. MM., dan Bapak Ahmad, S.Pd mewakili Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tegal yang sekarang ini menjabat sebagai Kepala SMA N 1 Pagerbarang. Di samping itu, dihadiri oleh sebanyak ± 200 peserta dari pelajar SMA se-Kabupaten Tegal.

1

Sumber: Dok. Penulis

     Seminar pendidikan karakter ini dibagi menjadi dua termin yaitu acara sambutan dan acara inti. Termin pertama adalah acara sambutan. Sambutan dibawakan oleh Zeji Mandala, ST selaku ketua umum seminar pendidikan karakter dengan menekankan pentingnya kepedulian mahasiswa kepada adik-adiknya untuk meningkatkan kualitas dan daya saing pelajar yang memiliki karakter dan akhlakul karimah. Selain itu, Zeji mengajak kepada alumni untuk membayar dengan peduli turun tangan untuk selalu menginspirasi adik-adiknya yang tidak perlu mengeluarkan uang. Selanjutnya, sambutan ke dua oleh Bapak Ahmad S.Pd selaku kepala sekolah dan mewakili Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga dengan menekankan untuk mensuritauladani karakter Rasullallah SAW. Karakter tersebut adalah Sidiq, Amanah, Fathanah dan Tablig. Sambutan terakhir oleh Bapak Fakihurrokhim S.Sos., MM., sebagai Kabag Pemerintah perwakilan dari setda Kabupaten Tegal. Dalam sambutannya mewakili Bupati Tegal, Bapak Fakihurrokhim S.Sos., MM., sangat mengapresiasi adanya seminar pendidikan karakter ini. Setiap orang mempunyai kepribadian yang berbeda-beda yang diberikan oleh Tuhan. Kepribadian bukanlah karakter, karakter merupakan pemberian pandangan terhadap ilmu seperti kejujuran dan kecerdasan. Karakter tidak bisa diwariskan atau diberi akan tetapi dapat dikembangkan, karakter merupakan pilihan kita semua. Berbagai karakter di Indonesia banyak yang terlihat memilukan, mengerikan dan menyedihkan maka diperlukan perhatian yang serius dengan berbagai cara, diantaranya dengan Seminar seperti ini. Adapun terdapat konsep Memayu Hayuning Salira, Memayu Hayuning Bangsa, Memayu Hayuning Bawana (memelihara kesejahteraan diri, memelihara kesejahteraan bangsa dan memelihara kesejahteraan dunia) dan istilah mewongkan wong (memanusiakan manusia) yang dapat disumbangkan dalam pendidikan karakter.

      Di sisi lain, Bapak Fakih menjelaskan terdapat dua agenda penting yang perlu diperhatikan bagi siswa SMA dan mahasiswa yaitu lahirnya undang-undang tentang desa dan pemilihan umum. Pertama, lahirnya undang-undang tentang desa yang telah disyahkan di akhir tahun 2013 yaitu berupa alokasi bantuan setiap desa sejumlah 500 juta sampai 1 milyar di Kabupaten Tegal yang bertujuan untuk mensejahterahkan masyarakat. Makadari itu, diharapkan para peserta dapat mengawasi alokasi dana tersebut supaya tepat sasaran. Kedua, pemilihan Umum DPR dan DPRD serta pemilihan presiden. Siswa sebagai pemilih pemula diharapkan dapat menentukan pilihan secara cerdas guna menentukan nasib bangsa lima tahun mendatang. Akhir sambutan beliau memberikan pesan kepada kelas XII yang merupakan sebagian besar dari peserta seminar pelajar SMA se-Kabupaten Tegal untuk membangun kepercayaan, motivasi untuk belajar keras dan membaca serta memanfaatkan teknologi secara Positif.

        Termin kedua yaitu acara inti berupa materi seminar tentang pendidikan karakter yang disampaikan oleh para aktivis kampus di Indonesia yang merupakan alumni SMA N 1 Pagerbarang. Adapun materi yang dipaparkan terbagi dalam 4 materi besar sebagai beikut:

        Pertama, mengenai pentingnya peran siswa SMA dalam perencanaan kota dan wilayah dipaparkan oleh Zeji Mandala, ST yang merupakan mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada Jurusan Teknik Perencanaan Kota dan Daerah. Materi pertama ini menekankan pentingnya peran siswa SMA dalam perencanaan tata kota dan wilayah. Peranan siswa tersebut, sebagai pembelajar bagi teman dan keluarga dekatnya, pembelajar bagi diri sendiri dan pembelajar inovator dalam tata ruang. Beberapa contoh yang dapat dilakukan oleh pelajar SMA adalah go green mulai dari lingkungan kita sendiri dengan membudayakan menanam tanaman di lingkungan rumah dan sekolah, bersepeda dan berjalan kaki menjadi budaya gaya hidup pelajar, malu menggunakan kendaraan sepeda motor dengan megubah gaya hidup “KECE” (keren cakep) menggunakan transportasi publik, hemat kertas, hemat air, hemat listrik dan hemat BBM dengan membudayakan NEBENG ketika berkendara. Selain itu, mengajak kepada pelajar SMA se-Kabupaten Tegal untuk peduli memasyarakatkan tata ruang, menata ruang untuk masyarakat dengan bergabung melalui beberapa komunitas penataan ruang salah satunya adalah Pemuda Tata Ruang (PETARUNG).

       Kedua, mengenai cara menggapai kesuksesan yang dipaparkan oleh Abdul Rokhim mahasiswa Universitas Diponegoro Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota. Materi ini menekankan setiap siswa harus memiliki landasan dan tujuan hidup yang jelas, manajemen waktu yang baik, selalu positif thinking, selalu optimis, belajar dari pengalaman dan mampu berkomunikasi dengan lingkungan sekitar.

           Ketiga, mengenai pentingnya peran organisasi bagi pelajar sebagai bekal menghadapi masa depan yang di paparkan oleh Muh. Rosyid Ridho Mahasiswa Universitas Pancasakti Tegal (UPS) dan seorang aktivis sekaligus gubernur BEM Fakultas Ekonomi UPS. Menurutnya, siswa yang aktif berorganisasi di lingkungan sekolah terbukti akan lebih bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya dan memiliki peluang sukses untuk kedepannya.

           Keempat, mengenai Tips dan Trik masuk Perguruan Tinggi (PT) dan Universitas baik negeri maupun swasta mealui beasiswa Bidikmisi yang dipaparkan oleh Reni Mulyanti mahasiswa UNDIP jurusan Kesehatan Masyarakat. Menurutnya, masuk perguruan tinggi haruslah dipersiapkan mulai dari sekarang. Masuk PT dan Universitas dapat melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri. Kuliah tidak harus dimiliki oleh mereka yang mampu secara finansial melainkan siswa berprestasi yang kurang mampu juga dapat mengenyam bangku perkuliahan dengan berbagai macam beasiswa salah satunya melalui beasiswa Bidikmisi. Beasiswa bidikmisi adalah beasiswa yang menggratiskan biaya perkuliahan selama 8 semester dan bantuan hidup berupa living cost setiap bulannya. Jangan pesimis untuk kuliah, terbukti banyak dari alumni SMA N 1 Pagerbarang mendapatkan beasiswa bidikmisi setelah lolos Seleksi masuk perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

        Diakhir seminar beberapa peserta memberikan pesan dan kesan bahwa mereka menjadi termotivasi melanjutkan pendidikan lebih tinggi, bersemangat belajar untuk menghadapi Ujian Nasional dan berusaha untuk peduli terhadap lingkungan sekitar. Selain itu, mereka berharap agar seminar pendidikan karakter seperti ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya khususnya bagi pelajar SMA se-Tabupaten Tegal.

Penulis : Siska Melani (Mahasiswa Universitas Diponegoro), Editor: Zeji Mandala.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s