Peran Perencana Dalam Pembangunan Regional dan Nasional di Masa Yang Akan Datang

Oleh: Zeji Mandala_Master in Urban and Regional Planning_Universitas Gadjah Mada_2013

            Peran perencana dalam pembangunan regional dan nasional di masa yang akan datang sangatlah penting. Peran perencana tersebut terdiri dari tiga peran perencana yaitu: (1) Perencana sebagai penyelesai masalah (problem solver) yang cerdas dan ilmiah, (2) Perencana sebagai pengambilan keputusan (policy maker) yang logik dan konsisten, (3) Perencana sebagai pemimpin pembangunan (development leader) yang santun dan berkarakter.

            Petama,  perencana sebagai penyelesai masalah (problem solver)yang cerdas dan ilmiah merupakan peran perencana dalam menyelesaikan masalah pembangunan regional dan nasional dengan mengedepankan proses ilmiah dan kreatif. Proses ilmiah didasarkan bukti fakta dan penelitian sehingga solusi penyelesaian masalah tepat sasaran. Selain itu, kreatif dibangun atas dasar kecerdasan rasional yang efektif dan efisien sehingga menghasilkan solusi yang jelas dan nyata.

            Kedua,perencana sebagai pengambilan keputusan (policy maker) yang logik dan konsisten merupakan peran perencana yang mengedepankan rasio yang masuk akal dan konsisten terhadap peraturan yang berlaku. Dengan karakter logik dan konsisten dalam mengambil kepuusan pembangunan baik ditingkat regional maupun tingkat nasional maka output keputusan dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

            Ketiga,perencana sebagai pemimpin pembangunan (development leader) yang santun dan berkarakter merupakan peran perencana sebagai penyelesai masalah dan pengambilan keputusan yang memiliki rasa hormat dalam melayani masyarakatnya. Karakter pemimpin sebagai perencana haruslah berlandaskan pada prinsip dan dasar peraturan atau standar sehingga pembangunan regional dan nasional dapat terwujud sesuai tujuan yang diharapkan.

            Dengan demikian, peran perencana dalam pembangunan regional dan nasional di masa yang akan datang perlu mencerminkan 3 karakter sebagai seorang perencana. Adapun tiga karakter tersebut yaitu: 1) Perencana sebagai penyelesai masalah (problem solver) yang cerdas dan ilmiah, (2) Perencana sebagai pengambilan keputusan (Policy maker) yang logik dan konsisten, (3) Perencana sebagai pemimpin pembangunan (development leader) yang santun dan berkarakter.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s