Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDES) Desa Demen dan Desa Kebonrejo, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo

Oleh: Zeji Mandala dan Rendy Adriyan Diningrat_Master in Urban and Regional Planning_Universitas Gadjah Mada_2013_Dilaporakan ke LPPM UGM dalam pelaksanaan pemberdayaan masyarakat desa

I.          Permasalahan dan Tujuan Pelaksanaan

Sesuai dengan Permendagri No. 66 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa bahwa tiap-tiap desa yang memiliki kepengurusan baru diwajibkan untuk menyusun rencana pembangunan selama 5 tahun ke depan. Desa dengan segala keterbatasannya, memiliki kendala dalam penyusunan dokumen rencana tersebut. Permasalahan yang sering muncul dalam penyusunan RPJM Desa adalah belum sesuainya prosedur dan sistematika pelaporan sesuai dengan Permendagri No. 66 Tahun 2007 dan juga peraturan terkait lainnya. Rendahnya kualitas dan kurangnya pemahaman SDM, terutama pemerintah desa, dalam menrumuskan rencana pembangunan menjadi penyebab utama atas permasalahan tersebut. Atas dasar itulah, Mahasiswa KKN-PPM UGM Unit 58 bersama-sama dengan Pusat Studi Perencanaan dan Pembangunan Regional (PSPPR) UGM berinisiatif melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui pendampingan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa. Adapun pendampingan dilakukan di dua desa, yakni Desa Demen dan Desa Kebonrejo, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo.

II.    Inovasi Ipteks

Perencanaan pembangunan yang sebelumnya hanya dikenal di tingkat Nasional, Provinsi, dan Kabupaten, secara peraturan memang telah merambah ke tingkat desa. Melalui pendampingan penyusunan RPJM Desa, terutama dalam proses teknokratis, perumusan rencana di tingkat desa diharapkan lebih tepat sasaran dan terintegarasi dengan rencana-rencana pembangungan diatasnya dengan menerapkan prinsip-prinsip partisipatif. Dengan demikian, pelaksanaan pembangunan desa lebih terarah untuk menciptakan cita-cita desa yang semakin futuristik ke depan.

RPJM Desa yang disusun dalam kegiatan ini di harapkan bisa menjadi ”semacam contoh” bagi desa-desa lain di Kecamatan Temon bahkan Kabupaten Kulon Progo. Hal ini mengingat dari 15 desa yang ada di Kecamatan Temon hanya seperduanya saja RPJM Desa yang dinyatakan lolos penilaian PNPM Desa Mandiri karena ketidaksesuaian penyusunan dengan pedoman yang ada, terutama Permendagri No. 66 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa.

III.   Kontribusi Terhadap Pembangunan

RPJM Desa sebagai rencana acuan kerja desa dalam pembangunan lima tahun ke depan terdiri dari rencana program indikatif yang akan dilaksanakan oleh desa. Dalam konteks pembangunan, masalah yang diangkat dan dicantumkan dalam RPJM Desa bukan hanya masalah pembangunan fisik seperti pembangunan jalan atau saluran irigasi, tetapi juga pembangunan sosial, baik mental maupun spiritual, seperti peningkatan kesehatan balita dan lansia serta pembinaan generasi muda. Pembangunan masyarakat juga dilakukan selama proses RPJM Desa karena penyusunan RPJM Desa mensyarakatkan keterlibatan dan partisipasi yang baik dari masyarakat sebagai subyek dalam pembangunan desa. Masyarakat diasah kepekaannya tentang masalah di desa melalui musyawarah dan diskusi sehingga masyarakat memiliki kepedulian dan keaktifan dalam penyelesaian masalah.

IV. Manfaat Bagi Institusi

Penyusunan RPJM Desa di Desa Demen dan Desa Kebonrejo melibatkan Pusat Studi Perencanaan dan Pembangunan Regional (PSPPR) sebagai inisiator. Dalam proses penyusunan RPJM Desa, mahasiswa terlibat aktif sebagai fasilitator pendamping penyusunan dengan sebelumnya mendapat pembekalan dan pengarahan teknis dari tim ahli PSPPR. Pembekalan dan pengarahan teknis mengenai penyusunan RPJM Desa juga dilakukan PSPPR kepada perangkat desa dan masyarakat desa sesuai dengan salah satu tujuannya, yakni memasyarakatkan perencanaan.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s