Pola Spasial Pergerakan Moda Transportasi Informal (Paratransit) di Kawasan Stasiun Lempuyangan Yogyakarta

Oleh: Zeji Mandala_Master in Urban and Regional Planning_Universitas Gadjah Mada_2013

ABSTRAK

            Pola pergerakan spasial merupakan pola pergerakan berupa kegiatan perjalanan di lokasi tertentu dengan memperhatikan kondisi tata guna lahan. Kawasan Stasiun Lempuyangan Yogyakarta merupakan kawasan yang tidak dilalui oleh moda transportasi publik formal padahal diperuntukkan sebagai stasiun pemberhentian penumpang kereta api kelas ekonomi. Hal ini menimbulkan berkembangnya  moda transportasi informal atau Paratransit. Di samping  itu, Paratransit dalam melakukan pergerakannya tidak memperhatikan aspek ruang/waktu dan tidak memiliki rute/trayek yang jelas yang memungkinkan adanya kesemrawutan dalam berlalu lintas yang menimbulkan kemacetan.  Selain itu, karakteristik transportasi informal tentu memiliki perbedaan diantara kota satu dengan kota lainnya, diantara satu negara dengan negara lainnya. Perbedaan tersebut seperti karakter pergerakan, pelayanan, jenis moda yang tersedia dan faktor-faktor yang mempengaruhi pergerakan. Dengan demikian, perlu diketahuinya pola spasial pergerakan moda transportasi informal (Paratransit) di Kawasan Stasiun Lempuyangan. Hal ini dengan tujuan dapat menjadi dasar pertimbangan dalam merencanakan sistem transportasi yang memiliki integrasi  antara transportasi publik formal dan informal di Kota Yogyakarta.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengkonstruksikan  pola spasial pergerakan (Paratransit) dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Di samping itu, metode penelitian yang digunakan adalah metode deduktif kualitatif. Sementara itu, teknik analisis yang digunakan adalah teknik garis keinginan atau garis preferensi, teknik overlay peta dan teknik naratif. Teknik preferensi digunakan untuk menganalisis sebaran dan bangkitan pergerakan Paratransit, teknik overlay peta digunakan untuk melihat bentuk pola spasial pergerakan Paratransit dan teknik naratif digunakan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi bentukan pola spasial pergerakan Paratransit. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui survei primer dan survei sekunder. Survei primer dilakukan dengan observasi dan wawancara dengan teknik sampling pertimbangan (purposive sampling). Dalam menentukannya dilakukan dengan tiga pertimbangan skenario yaitu: skenario waktu pergerakan, skenario jadwal kereta api dan skenario jenis moda Paratransit dengan jumlah sampel 108 responden.

            Dengan demikian, berdasarkan hasil analsis dan diskusi hasil temuan diketahui bahwa Paratransit di Kawasan Stasiun Lempuyangan Yogyakarta memiliki karakter pelayanan sebagai moda transportasi yang menjembatani untuk mencapai tujuan akhir perjalanan. Sementara itu, pola spasial pergerakan ojek memiliki jangkauan luas dibandingkan moda taksi plat hitam dan becak dikarenakan tidak ada ketentuan yang mengatur mengenai jangkauan pelayanan masing-masing Paratransit. Di samping itu, bentuk pola spasial  pergerakan Paratransit di Kawasan Stasiun Lempuyangan cenderung menyebar di pusat kota, pinggiran kota dan luar kota dengan tertuju guna lahan  perumahan, komersial, pendidikan, sarana transportasi dan pariwisata dengan dipengaruhi oleh 2 faktor temuan baru yaitu faktor kelerengan dan faktor kepercayaan (trust). Hal ini menunjukan bahwa pelayanan Paratransit di kawasan ini sudah memenuhi kebutuhan/keinginan masyarakat yang akan melakukan perjalanan di Kota Yogyakarta dan sekitarnya.

LINK DOWNLOAD:

Spatial Pattern of Informal Transportation Mode (Paratransit) Movement in Area of Lempuyangan Station Yogyakarta

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s