Apa bedanya konsep dan strategi?

Oleh: Zeji Mandala_Master in Urban and Regional Planning_Universitas Gadjah Mada

Pengertian tentang konsep telah dikemukakan dengan jelas oleh Soedjadi (Haffan 2001:7) bahwa ide abstrak yang digunakan untuk menagadakan klasifikasi atau penggolongan yang apad umumnya dinyatakan dengan suatu istilah atau rangakaian.

Dalam perkembangan selanjutnya, pengertian konsep dielaborasi oleh Woodruff (dalam Amin, 1987, dalam Khalidin  2005) terdiri dari tiga macam definisi yaitu

a)      Suatu gagasan/ide yang relatif sempurna dan bermakna

b)      Suatu pengertian tentang suatu objek

c)      Produk subjektif yang berasal dari cara seseorang membuat pengertian terhadap objek-objek atau benda-benda melalui pengalamannya (setelah melakukan persepsi terhadap objek/benda).

Selanjutnya diperkuat oleh Martono (2011) dalam bukunya mendefinisikan konsep menunjuk pada istilah dan definisi yang digunakan menggambarkan secara abstrak berupa kejadian, keadaan, kelompok atau individu yang menjadi pusat perhatian ilmu.

Beberapa pendapat di atas, maka konsep merupakan sebuah idea atau gagasan pembangunan yang digunakan untuk mencapai dan  mewujudkan perencanaan dan  pembangunan kota.

Di samping itu, adapun definisi dari strategi ialah pelaksanaan/implementasi suatu konsep berupa ide/gagasan, perencanaan, dan pembangunan dalam kurun waktu tertentu. Jadi fokus substansi strategi dalam penelitian ini adalah sebuah tindakan pelaksanaan/implementasi dari konsep-konsep yang ada dan diwujudkan dalam beberapa aspek kehidupan yakni aspek sosial-ekonomi-lingkungan dalam mewujudkan pembangunan kota.

Daftar Pustaka

Alexander, Ernest R. 1986. “Aproaches to Planning: Introduction Current Planning Theories,Concept and Issues” . University of  Wisconson-Milwaukee Departement of Urban Planning: Gordon and Breach Science Publishers.

Khalidin. (2005) Thesis:  “Penggunaan model pembelajaran generatif untuk meningkatkan pemahaman konsep pembiasan pada lensa kelas I SMA”. Universitas Pendidikan Indonesia.

Martono, Nanang. 2011. “Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Data Sekunder. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s