PEMIMPIN YANG BERCERMIN PADA PENGALAMAN

            Oleh: Zeji Mandala_Master in Urban and Regional Planning_ Universitas Gadjah Mada_Juni 2013

          Organisasi atau lembaga negara baik formal maupun non formal terkadang memiliki masalah yang krusial khususnya dalam hal manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Saat ini, spekulasi masyarakat akan organisasi menjadi sorotan banyak masalah khususnya lemahnya komitmen kolega pengurus organisasi yang disebabkan oleh minimnya peranan seorang pemimpin. Seorang pemimpin terkadang tidak bercermin pada pengalaman yang telah dilakukannya selama memimpin organisasi. Sebagai contoh: organisasi mahasiswa yang kerap banyak pengurusnya keluar karena seleksi alam, banyak partai politik yang pengurusnya tersandra oleh korupsi, kebijakan pemerintah oleh beberapa kementerian yang kebijakannya tumpang tindih akibat dari kurangnya koordinasi. Maka pentingnya akan peranan fundamental seorang pemimpin organisasi publik. Pemimpin organisasi harus mampu menciptakan mekanisme manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga harapan ke depan, kontribusi akan pengurus organisasi mampu meningkatkan kualitas organiasasi dan performance organisasi. Dengan demikian, pemimpin organisasi publik adalah kunci utama dalam meningkatkan kualitas dan performance institusi/organisasi yang dituangkan dalam peranan seorang pemimpin organisasi.

            Peranan fundamental seorang pemimpin organisasi publik adalah mampu mengintegrasikan variabel-variabel organisasi dengan manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) ke dalam ranah manajemen seorang pemimpin organisasi.

Mengangkat sebuah pengalaman penulis ketika Penulis diberi amanah untuk memimpin sebuah organsasi di Jurusan Teknik Arsitektur dan Perencanaan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai Ketua Umum Kuliah Kerja Perencanaan yang dilaksanakan di Singapura Malaysia. Penulis mendapatkan ilmu dan pengalaman yang sangat berharga bahwa manajemen pemimpin dalam mekanisme organisasi perlu dituangkan ke dalam beberapa aksi strategi seorang pemimpin dalam manajerial pemimpin itu sendiri yakni

  1. Motivasi
  2. Komunikasi
  3. Pembuatan Keputusan

 Motivasi

merupakan dorongan seorang pemimpin organisasi publik kepada koleganya untuk bekerja sesuai kapasitas dan parameter tujuan organisasi. Contohnya: memberikan pujian, ucapan terima kasih, medengarkan keluhan dan pemberian benefit yang adil terhadap kolega bawahannya.

 Komunikasi

merupakan hal yang sangat penting bagi seorang pemimpin organisasi publik untuk mampu menguasai sikap dan pola komunikasi yang bijak sehingga mudah dipahami bagi kolega bawahanya. Komunikasi pemimpin organisasi harus  memiliki manfaat besar bagi kolega bawahannya sehingga diperlukan adanya warna-warni pilihan kata, gerak dan mimik serta bebicara yag tidak membosankan.

 Pengambilan Keputusan

merupakan hal yang cukup menantang bagi seorang pemimpin karena dalam pengambilan keputusan organisasi publik harus memiliki kemampuan konseptual. Seorang pemimpin tanpa memahami dan memiliki kemampuan koseptual terkadang mengalami kesulitan dalam pengambilan keputusan publik.  Salah satu yang mejadi contoh konkrit kemampuan konseptual yang harus ada pada diri seorang pemimpin organisasi publik adalah berwawasan keilmuan (akademis) yang kreatif dan inovatif, mampu membaca fenomena yang dapat dituangkan ke dalam sebuah konsep yang matang, mampu menganalisa situasi dan kondisi yang menyeluruh (komprehensif) dan yang tak kalah penting memiliki srategi jitu. Jadi, peranan fundamental seorang pemimpin dalam organisasi sangat diperlukan khususnya dalam hal motivasi seorang pemimpin, komunikasi yang baik antar kolega organisasi dan pengambilan keputusan yang berbasis konseptual intelektual.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s